Rancangan

Minggu, 16 Maret 2014

Drama Jepang bergenre school yang recomended

Hai hai hai.. tumben nih aku on lagi. "aku"? iya mulai sekarang move on ah dari penggunaan kata "gue" jadi "aku". Tanya kenapa? hehehee ga kenapa-kenapa sih, pingin aja. Mungkin juga karena lama ga ngeblog. Hehehee ketauan pemalas. Eh iya aku lagi sibuk nonton dorama Jepang, ceileee "sibuk" yee.. Karena lagi ga ada drama korea yang menarik buat aku, atau mulai jenuh dengan K-drama mungkin, jadi nyari-nyari J-drama deh. Sebenernya lagi nyari drama bergenre school juga sih. Berhubung K-drama jarang yang bercerita tentang murid sekolah, sekalinya ada ceritanya kurang seru menurut aku, jadi lari ke J-drama deh. Biasanya sih para pecinta drama Asia menyebut drama jepang itu dengan "dorama". Ada beberapa dorama yang berkesan menurut aku, diantaranya nih..,

1. Itazura na Kiss

Tahun Produksi
: 1996
Jumlah Episode
: 9
Pemain
: Sato Aiko, Takashi Kashiwabara


Dorama ini sih sebenernya bergenre Romance comedy, tapi karena banyak scene yang latarnya di sekolah, jadi ga apa ya aku masukin daftar di sini. Walaupun terbilang dorama jadul juga sih, hehehee.. Salah satu dorama yang diangkat dari manga yang berjudul sama. Pasti teman-teman udah pada tau kan ceritanya kaya gimana? Sama seperti HYD, ceritanya fenomenal banget, karena udah diremake di dua negara tetangganya. Tapi dari semua versi, It Started With a Kiss, Playful Kiss, sampe Itazurana Kiss Love in Tokyo, aku paling suka yang versi 1996 ini, karena tokoh utama ceweknya, si Kotoko ini annoying banget, jauh dari kata sempurna, berbeda dari tokoh utama di drama-drama lainnya. Liat tingkahnya Kotoko yang ini bikin kita yang nonton jadi malu sendiri. Kebalikan dari Irie Naoki yang sempurna banget. Sampai di final episodenya pasti semua yang nonton jadi bertanya-tanya, apa sih yang bikin Naoki suka sama Kotoko? Cantik? Engga, pintar? Engga, jago masak? Apalagi, dadanya rata? Iya heheee. Paling suka sama “baaka!”nya Naoki dan “Irie-kun”nya Kotoko, sampe terngiang-ngiang di telinga. Tapi sayangnya pada saat dorama ini tayang, manganya belum selesai digarap, jadi ceritanya agak berbeda dari manganya. Yang pasti scene-scene di sekolahnya aku suka, perbedaan antara murid-murid kelas A dan F yang jauuuh banget. Siap-siap malu lihat tingkahnya Kotoko yang ga tau malu dan pantang menyerah ini.


2. Ichi Ritoru no Namida

Tahun Produksi
: 2005
Jumlah Episode
: 11
Pemain
: Erika Sawajiri, Nishikido Ryo, Yakushimaru Hiroko

Dorama yang populer dengan judul One Litre of Tears ini, menurut aku adalah drama yang paling sedih yang pernah aku tonton. Sesuai dengan judulnya “Seliter Air Mata”. Kalau nonton harus siap-siap tisu yang banyak. Ohya, dorama ini diadaptasi dari buku harian Kitou Aya (bukan buku harian Nayla ya..upss). Bercerita tentang Ikieuchi Aya yang divonis menderita penyakit Spinocereberal degeneration (bener ga tuh nulisnya? Kalau salah mohon dimaafkan ya) pada usianya yang baru menginjak 15 tahun. Udah pada tau kan itu penyakit jahatnya luar biasa? Sejak mengetahui penyakitnya keceriaan Aya perlahan mulai hilang. Tapi dia menjadi semangat saat bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Dia merasa hanya ketika berada di Higashilah dia bisa menjadi diri sendiri. Duh nyeritainnya aja aku udah mau meneteskan air mata. Selain menceritakan kehidupan Aya di sekolah, drama ini juga menceritakan keluarga Ikeuchi Aya. Lewat dorama ini kita ga cuma belajar tentang berharganya hidup kita. Kita bisa membayangkan kalau kita ada di posisinya Aya,  atau ibunya, atau adik dan temannya. Bagaimana perasaan kita? Apa yang akan kita lakukan kalau berada di posisi orang-orang di sekitar Aya? So, ini dorama aku rekomendasikan banget buat yang belum pernah nonton.


3. Dragon Zakura

Tahun Produksi
: 2005
Jumlah Episode
: 11
Pemain
: Abe Hiroshi, Yamashita Tomohisa, Nagasawa Masami, Aragaki Yui

Dorama ini pernah diremake sama Korea dengan judul “Master Of Study”. Yah walaupun beberapa tokoh agak berbeda. Secara, beda negara yang memproduksi, tapi keduanya patut diacungi jempol. Yap, ceritanya diadaptasi dari manga berjudul sama dengan doramanya. Menceritakan tentang seorang pengacara miskin bernama Sakuragi Kenji yang juga mantan anggota geng motor. Dia disewa untuk penutupan sebuah sekolah yang nilai rata-rata muridnya sangat rendah. Saking terkenal bodohnya sekolah bernama Ryuuzan ini mendapat julukan "Sekolah bodoh". Melihat kondisi Ryuuzan yang sangat memprihatinkan Sakuragi bertekad untuk membuat kelas khusus dengan misi murid-murid kelas itu bisa masuk ke Todai aka Universitas Tokyo (kalau di negara kita sama dengan UI lah). Dia membutuhkan 5 orang murid untuk masuk ke dalam kelasnya. Menurutnya bila Ryuuzan bisa meluluskan 5 orang murid masuk ke Todai, maka sekolah itu tidak akan ditutup. Nah, dorama ini bagus untuk teman-teman yang masih sekolah. Banyak trik dan cara-cara belajar yang lebih mudah. Mau tau keseruan murid-murid kelas khusus di Ryuuzan? Ga ada salahnya nonton dorama ini deh. Ohya salah satu muridnya adalah mas Yamapi loh. Hohoho..


4. Nobuta wo Produce

Tahun Produksi
: 2005
Jumlah Episode
: 10
Pemain
: Kamenashi Kazuya, Yamashita Tomohisa, Horikita Maki


Bercerita tentang dua orang siswa kelas 2 SMA yang ingin merubah seorang siswi baru bernama Nobuta yang pendiam dan mirip banget sama Sadako. Karena Nobuta ga populer di kelas dan sering dibully sama teman-temannya, Shuji dan Akira tergugah untuk membuat Nobuta menjadi populer di sekolah. Sedikit demi sedikit Shuji dan Akira membuat kawan-kawan di kelasnya menyukai Nobuta, tanpa harus merubah sifat Nobuta. Jadi intinya Shuji dan Akira ingin memperlihatkan inner beautynya Nobuta. Shuji sendiri berteman dengan Akira sudah sejak lama, tapi di kelas mereka ga terlihat begitu akrab, karena Shuji adalah murid populer di sekolah, dan Akira karena tingkah konyol dan anehnya tidak begitu dianggap keberadaannya oleh teman di kelasnya. Tapi cuma di depan Akiralah Shuji bisa menjadi diri sendiri. Untuk menjaga imagenya di sekolah Shuji berpacaran dengan siswi populer, walaupun sebenarnya dia ga punya perasaan apa-apa sama siswi itu. Di dorama ini banyak pesan yang tersirat. Banyak pesan yang bisa kita ambil dari tokoh Shuji yang jaim bukan tanpa alasan. Dia takut bila teman-temannya membenci dia, dia tidak akan punya tempat di hati teman-temannya. Berbeda dengan Akira yang apa adanya. Pokoknya dorama ini rekomended deh. Persahabatan dan scene-scene di sekolahnya bikin kita nostalgia sama ruang kelas yang dulu pernah kita tempati, di mana kita belajar dan bertemu dengan teman-teman.


5. Hanazakari no Kimitachi e

Tahun Produksi
: 2007
Jumlah Episode
: 12
Pemain
: Horikita Maki, Oguri Shun, Ikuta Toma

Dorama ini populer banget di Jepang. Karena kepopuleran manganya dorama ini juga pernah diremake di dua negara tetangganya. Yah, walaupun kedua dorama yang remake itu hasilnya ga sepopuler versi Jepangnya. Karena dorama ini tuh konyol ala komik banget. Walaupun versi orang beneran, directornya ga menghilangkan scene-scene konyol di manganya. Itu mungkin yang ga dimiliki sama kedua Hana Kimi versi lainnya. Becerita tentang Mizuki Ashiya yang meyamar sebagai siswa laki-laki demi menyemangati pria yang pernah menolongnya beberapa waktu lalu yang bernama Sano Izumi. Di pertama masuk ke sekolah khusus laki-laki ini, Ashiya sudah banyak mengalami kejadian konyol. Di hari pertama saat memasuki ruang kelas dia sudah dihantam oleh bola dan disambut dengan tawa para siswa di kelas yang memang sengaja mengerjai Ashiya. Di hari yang sama, dia dipusingkan untuk memilih Asrama 1, 2 atau 3. Akhirnya dia memilih satu asrama dengan Sano dan kebetulan banget Sano adalah satu-satunya penghuni di kamarnya. Ini kesempatan Ashiya untuk bisa lebih dekat dengan Sano. Aaa.. Horikita Maki ganteng juga pas jadi cowok di sini, walaupun badannya kurang tinggi. Aku suka sama tokoh Nakatsu yang bimbang sebenarnya dia homo atau engga sih? Ini dorama lucu-lucu ala komik deh. Tiap episode kita bakalan waswas takut kalau identitas asli Ashiya terbongkar.


6. Q10 (Kyuuto)

Tahun Produksi
: 2010
Jumlah Episode
: 9
Pemain
: Sato Takeru, Atsuko Maeda, Kaku Kento

Pertama liat dorama ini, yang ada di pikiranku dorama ini mirip sama Nobuta wo Produce. Karena lighting sama scene-scene di sekolahnya mirip banget sama NWP. Ternyata setelah aku telusuri, writernya sama toh.. Pantes.. ceritanya punya feel yang sama. Dorama ini bercerita tentang siswa kelas 3 SMA bernama Fukai Heita yang tanpa sengaja menghidupkan sebuah robot cantik berbentuk manusia yang dia kasih nama Q10 atau dibaca Kyuuto. Aduh mas Sato Takeru ini bikin aku jatuh cinta sama aktingnya di dorama ini dan di Rurouni Kenshin. Ekspresi kaget, sedih, marah dan senyumnya itu loh bikin melting. Upss maaf kebiasaan oot. Balik ke cerita, Fukai Heita ini selalu menjalani hidup apa adanya. Tidak berambisi, tidak berani berpacaran, tidak suka menjadi murid yang menonjol di kelas. Seperti yang kakaknya bilang, dia ini dingin. Mungkin karena sejak kecil dia menderita penyakit lemah jantung. Padahal udah pernah dioperasi. Tapi perlahan dia mulai berubah semenjak bertemu Kyuuto. Dia mulai peduli sama teman-teman sekelasnya. Dan perlahan jatuh cinta pada robot itu. Lama kelamaan akan terkuak dari mana asalnya Q10, dan apa hubungannya Q10 dengan Heita. Mungkin sebagian orang berpendapat kalau dorama ini biasa. Tapi menurut aku ini adalah dorama yang  memberi aura positif diantara menjamurnya sinetron-sinetron remaja yang ga jelas juntrungannya. Walaupun kelihatannya biasa, tapi dorama ini banyak memberi pesan tentang kehidupan. Ga percaya? Tonton deh..


Sekian ya dorama yang recomended menurut aku. Mungkin bisa jadi tontonan yang menarik untuk teman-teman yang hobi hunting dvd drama Asia. Selamat menonton.. ^^

12 komentar:

  1. eciiee ... aku
    sibuk niyee ..
    aku cuma taunya Itazura na Kiss #AKU
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheeheee XP "akkuh"
      iya mba itu dorama biar jadul juga tetep ceritanya ga kalah sama cerita2 jaman sekarang
      eh dorama yg ke-6 itu recomended banget mba
      xixixiiii XD

      Hapus
  2. makasih infonyaaa.. bermanfaat bgt lhoo, habis ukk cari referensi menghibur. matur nuwun~ :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami.. :))
      Aku cuma sekedar berbagi drama yang pernah aku tonton
      Makasih udah mampir juga ya.. :D

      Hapus
  3. keren gan ,,saya juga peminat film jepang

    jangan lupa gan kunjungannya di filmjepang.com

    BalasHapus
  4. itazura na kiss love in tokyo sama itazura na kiss bedanya apa ya?
    yang ada di list atas blum saya tonton semua... :)
    oh ya kok asuko march ga masuk kategori ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya ItaKiss 1996 di atas sama ItaKiss Love in Tokyo terletak di jumlah episodenya. Karena 1996 manganya belum rampung, jadi endingnya ga diceritain sampai Kotoko dan Naokinya menikah, dan menurut aku sih Kotokonya agak berbeda dengan manga ataupun ItaKiss LiT. Kalo yg versi 2013 (ItaKiss LiT) Kotokonya terlihat kawaii dan kekurangannya cuma otaknya yg rada jongkok. Hehee cmiiw..
      Kalo Asuko March aku belum nonton, jadi belum bisa masukin ke daftar di atas. Tapi makasih ya atas rekomendasinya. Kalau aku udah nonton, bisa aku update lagi postingan ini :))

      Hapus
  5. lagi hobby nonton drama jepang nih :D makasih buat infonya ...

    BalasHapus
  6. http://kitsunima.blogspot.com/2016/04/tantei-no-tantei-subtitle-indonesia.html

    BalasHapus
  7. Iseng buka2 link buat cari recommended dorama eh ketemu blog ini, eh terus ku seneeeeengg! Pertama, karena k'hazty rekomenin #Itakiss1996 itu di urutan pertama! #yeay terus yg kedua, beliau tulis blog ini di tgl 16 Maret, which is itu birthday nya Irie-kun a.k.a Takashi Kashiwabara! Huaaahhh, senengnya double ini mah :*

    BalasHapus
  8. 1 Litre of Tears adalah drama paling sedih... Sedihnya gawat banget

    BalasHapus