Rancangan

Sabtu, 17 November 2012

Depapepe


Buat yg belum kenal Depapepe, ini gue kenalin tentang mereka.
Depapepe adalah grup musik asal Jepang yang dibentuk sejak tahun 2002. Terdiri dari dua personil yang semuanya memainkan gitar akustik. Nama DEPAPEPE sendiri berasal dari gabungan kedua nama pendek personilnya. Yaitu Depa berasal dari kata overbite (dalam bahasa Indonesia artinya tonggos) dalam bahasa Jepang adalah deppa, nah depa ini panggilannya si Miura Takuya dan pepe berasal dari kata Derupepe yaitu bandnya si Tokuoka Yoshinari dulunya. Jadi gitu ceritanya.. Menurut gue si, musik mereka universal ga terbatas perbedaan bahasa. Mau orang Jepang, Indonesia, India, Arab, bahkan benua Eropa dan Amerika juga bisa nikmatin musiknya. Musik mereka si pas banget buat gue yang tipe-tipe cepet bosen sama semua lagu yang udah gue hafal. Awalnya sih gue tau Depapepe dari teman gue, dan gue sempet denger satu lagu (lebih tepatnya sih musik). Tanggepan pertama gue denger musik mereka, "Apaan sih ini? kok ga ada lagunya". Sampe pada   suatu hari Depapepe dateng ke Indonesia buat ngisi acara di JavaJazz di awal 2012 lalu, dan sempat mampir di acara musik di sebuah stasiun TV swasta Indonesia. Dari situ gue baru menyadari kalo musik mereka itu unik dan membawa sebuah aura positif (ceilleee..). Dari situ langsung deh cari tahu tentang mereka lebih jauh dan berikut ini rekomendasi beberapa musik terbaik dari Depapepe. dan sedikit pendapat gue tentang musiknya. Kalo tertarik, tinggal klik aja judulnya di bawah ini..^^

Depapepe - One
Lagu/musik yang paling pertama bikin gue jatuh cinta sama musik mereka. Sama sekali ga kebayang ada orang yang bisa menciptakan nada serumit dan seindah ini. Dan One ini sekaligus jadi judul album mereka juga.Menurut gue ini musik mereka yang paling sulit untuk dicoverin deh..

Depapepe - Pachelbel's Canon
Sebuah remake versi berbeda dari musik Canon Pachelbel. Yang biasa kita dengar selama ini musik canon dibawakan dengan versi rock, tapi depapepe mampu menyajikannya hanya dengan gitar akustik. Bener-bener salut buat mereka..

Depapepe - The Weathercock
Temponya slow, menurut gue musik ini cocok didengerin pada saat rintik-rintik hujan. Judul lainnya adalah Kazamidori.

Depapepe - Start
Setelah One, musik depapepe yang ke dua, yang bikin gue teringat terus adalah Start. Musik ini menurut gue cocok didengerin pada saat mengawali hari. Bikin tambah semangat pastinya..

Nah kalo yang ini pertama kali gue denger di stasiun TV, acara liputan tempat-tempat wisata gitu deh. Seru juga sih musiknya. Menambah semangat..

Depapepe - Sky! Sky! Sky!
Lagi nih musik yang bisa jadi penambah semangat untuk mengawali hari juga. Apalagi buat nemenin hari minggu pagi yang cerah. Sambil merapikan rumah atau bersantai-santai juga asik, hahaa..

Depapepe - Time
Musik ini sih kedengarannya sedih banget. Tapi menurut gue kalo dihayati maknanya dalem. "time" mengingatkan gue bahwa "waktu" adalah sesuatu yang berharga. Jadi, setiap kali denger musik ini gue selalu teringat akan kehidupan gue, orang-orang di sekitar gue dan (maaf) kematian. Heheee kesannya serem banget. Tapi ya begitulah yang gue rasakan.

Kira-kira segitu aja sih yang mau gue bahas tentang Depapepe. Maaf kalo ada yang ga setuju sama penilaian-penilaian gue tentang beberapa musik mereka. Tapi sekali lagi ini menurut pendapat gue ya.. ^^
gimana pendapat teman-teman?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar